Selasa , Desember 12 2017
Home / Teknisi Warnet / Network / Tabel Perhitungan Internet Fair Usage Policy (FUP) IndiHome Fiber
Internet Fair Usage Policy Telkom IndiHome Fiber Optic

Tabel Perhitungan Internet Fair Usage Policy (FUP) IndiHome Fiber

Fair Usage Policy (FUP) adalah kebijakan pembatasan penggunaan layanan internet yang wajar.

“Wajar” yang dimaksud disini adalah perhitungan statistik rata-rata atas aktivitas penggunaan koneksi internet yang umum dilakukan oleh para pelanggan, mulai dari browsing, streaming hingga download. Sehingga kebalikannya, yang dimaksud “tidak wajar” adalah aktivitas penggunaan koneksi internet secara berlebihan.

Contoh, yang dimaksud “wajar” (normal user) adalah jika misalnya pengguna normal melakukan download dalam 1 bulan sebanyak 300GB, maka pengguna yang melakukan download dalam 1 bulan sebanyak 500GB itulah yang disebut “tidak wajar” (heavy user).

Telkom beralasan penerapan Fair Usage Policy (FUP) ini dilakukan untuk melindungi normal user dari pemanfaatan pemakaian berlebihan oleh heavy user. Sebab berdasarkan pengamatan pada sistem IndiHome, terdapat heavy user yang memanfaatkan internetnya untuk mengunduh film / games secara terus menerus atau bahkan menjual-ulang sehingga pemakaian mereka menjadi tidak wajar.

“Hal ini dapat mengganggu kualitas layanan dan kenyamanan bagi pengguna lain yang membayar dengan tarif yang sama. Untuk itulah perlunya ada FUP agar terdapat keadilan bagi konsumen yang memanfaatkan internet secara wajar,”
Arif PrabowoVP Corporate Communication Telkom.

Apa Bedanya Paket Internet Kuota, Unlimited dan FUP?

  • Paket Internet Kuota memberi batasan volume jumlah data yang bisa digunakan oleh pelanggan. Misal, bila pelanggan membeli paket kuota 4 gigabytes (GB), internetnya tersambung sampai volume itu habis. Begitu volume habis, pelanggan tak bisa lagi memakai internet sekalipun tenggat waktu berlangganan masih panjang.
  • Paket Internet Unlimited tidak ada batasan volume jumlah data yang bisa digunakan oleh pelanggan. Pelanggan bebas menggunakan internet hingga habis tenggat waktu berlangganan. Namun biasanya, kecepatan internet paket ini bergantung dari seberapa banyak pengguna yang melakukan koneksi secara bersamaan di daerah tersebut. Semakin banyak pengguna yang terkoneksi maka kecepatan internetnya akan menurun dan begitu juga sebaliknya. Kecepatan internet dibagi-bagi kepada jumlah pengguna di saat yang sama.
  • Fair Usage Policy (FUP) tidak ada batasan volume jumlah data yang bisa digunakan oleh pelanggan, juga tidak ada pembagian kecepatan internet dengan jumlah pengguna, hanya setelah mencapai jumlah data tertentu kecepatan koneksi akan berkurang sesuai levelnya.

Tabel Perhitungan Internet Fair Usage Policy (FUP) IndiHome Fiber

Seluruh pelanggan Telkom IndiHome Fiber akan mengalami batas FUP hingga 2 (dua) kali (kecuali untuk paket 100 Mbps). Jika penggunaan koneksi internet Anda telah mencapai batas data FUP yang pertama, kecepatan internet Anda akan turun menjadi 75% saja, dan pada FUP yang kedua, kecepatan internet akan turun menjadi 40% saja.

Untuk mempermudah Anda memahami batas jumlah data FUP Telkom IndiHome Fiber Optik silahkan simak pada tabel informasi berikut ini:

PAKET

KECEPATAN
AWAL

BATAS
FUP 1

KECEPATAN
FUP 1

BATAS
FUP 2

KECEPATAN
FUP 2

10 Mbps 10 Mbps > 300 GB 7.5 Mbps (75%) > 400 GB 4.0 Mbps (40%)
20 Mbps  20 Mbps  > 500 GB  15 Mbps (75%)  > 800 GB  8.0 Mbps (40%)
30 Mbps  30 Mbps  > 700 GB  22.5 Mbps (75%)  > 1.200 GB  12 Mbps (40%)
40 Mbps  40 Mbps  > 900 GB  30 Mbps (75%)  > 1.600 GB  16 Mbps (40%)
50 Mbps  50 Mbps  > 1.200 GB  37.5 Mbps (75%)  > 2.000 GB  20 Mbps (40%)
100 Mbps  100 Mbps  > 2.000GB  50 Mbps (50%)

Catatan Tambahan:

  1. Terkena FUP bukan berarti koneksi internet Anda akan terputus/tidak bisa digunakan kembali, namun hanya kecepatannya saja yang berkurang. Anda tetap dapat terkoneksi ke internet hingga akhir bulan.
  2. Perhitungan FUP berlaku setiap bulan, dan akan direset pada tanggal 1 setiap bulannya. Jadi misal Anda terkena FUP pertama tanggal 15 Juli, kecepatan akan turun menjadi 75%, dan jika terkena FUP kedua pada tanggal 20, maka kecepatan selanjutnya akan turun menjadi 40%. Namun di tanggal 1 Agustus kecepatan koneksi internet Anda akan kembali normal menjadi 100%.

Jadi mulai sekarang Anda tidak perlu heran jika sedang asyik berinternet ria tiba-tiba kecepatan internetnya menurun. Karena pemakaian Anda telah mencapai batas FUP sehingga sistem Telkom IndiHome menurunkan kecepatan koneksi internet Anda secara otomatis.

Semoga informasi Perhitungan Internet Fair Usage Policy (FUP) IndiHome Fiber ini menambah pengetahuan wawasan dan pengetahuan Anda.

About RAYANET

Follow me, Like, Subscribe and Share.

Check Also

Cara Memblokir IP Address di Mikrotik

Cara Memblokir IP di Mikrotik

Malam ini seorang kawan dari Komunitas Warnet Indonesia mengeluhkan terjadinya penyedotan bandwidth secara besar-besaran yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *