Selasa , Desember 12 2017
Home / Blog / Cara Melaporkan SMS Palsu / Penipuan
Kampanye Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mencegah SMS Penipuan
Kampanye Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mencegah SMS Penipuan

Cara Melaporkan SMS Palsu / Penipuan

Pernah menerima SMS yang memberitahukan nomer rekening tertentu dan meminta Anda melakukan transfer ke nomer tersebut seperti ini?

Kirim ke BRI aja, no rek: 7913-01-000498-506 a/n Erwin Dimas S

Jangan hiraukan! Itu adalah modus penipuan!

Bagi Anda yang tidak sedang menunggu konfirmasi nomer rekening dari penjual online mungkin akan dengan mudah mengabaikan SMS tersebut karena mengira itu adalah SMS nyasar.

Tapi ternyata tidak! Itu bukanlah SMS nyasar. Itu adalah SMS pengumpan yang dikirim ke banyak nomer ponsel secara massal. Tujuannya mencari orang-orang yang memang sedang melakukan transaksi online atau menunggu SMS dari penjual.

Nah, agar penipuan ini tidak meluas dan memakan korban, yuk sama-sama kita laporkan!

OJK (Otoritas Jasa Keuangan) selalu lembaga resmi negara yang berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan telah membuka layanan pengaduan terkait SMS palsu dan penipuan semacam ini.

Bagaimana caranya?

Dengan melaporkan ke layanan Financial Customer Care (FCC) OJK melalui nomer telepon 1-500-655 atau kirim screenshot SMS yang kalian terima ke e-mail: konsumen@ojk.go.id.

Setiap laporan SMS palsu yang kalian kirim, akan diinvestigasi dan apabila terbukti digunakan sebagai modus penipuan, maka OJK akan membekukan sementara rekening penipu tersebut untuk diproses hukum lebih lanjut.

Cara melaporkan SMS Palsu dan Penipuan ke FCC OJK
Cara melaporkan SMS Palsu dan Penipuan ke FCC OJK

Ayo kita laporkan semua SMS Palsu dan SMS Penipuan agar hilang modus-modus seperti ini dan menghindarkan keluarga, saudara, teman serta kerabat kita dari penipuan orang-orang jahat ini!

About RAYANET

Follow me, Like, Subscribe and Share.

Check Also

Contoh Surat Perjanjian Kerja Operator Warnet

Anda mencari contoh surat perjanjian kerja operator warnet? Silahkan simak dan download format Document Word …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *