Home / Tugas Sekolah / Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) / Unsur Fisik dan Unsur Sosial Negara Vietnam
Peta Vietnam
Peta Vietnam

Unsur Fisik dan Unsur Sosial Negara Vietnam

Vietnam merupakan salah satu negara berkembang yang ada di wilayah Asia Tenggara yang terletak di kawasan benua Asia. Ini adalah tugas mata pelajaran IPS yang membahas tentang Unsur Fisik dan Unsur Sosial Negara Vietnam.

Nama resmi         : Republik Vietnam

Ibukota                : Hanoii

Luas wilayah        : 329.560 km²

Jumlah penduduk  : 81.098.416 (2002)

Kepadatan            : ± 246 jiwa/km²

Agama                 : Mayoritas Buddha, Kong Hu Cu, Taoisme, sebagian kecil Kristen dan Islam

Suku bangsa        : Vietnam (90%), Cina, Mon, Thai, Man, Cham, dan Khmer

Mata uang            : Dong

Bahasa                : Vietnam (bahasa resmi)

Lagu kebangsaan  : For Ward Soldier

Kemerdekaan       : 21 Juli 1954

Secara astronomis, Vietnam terletak antara 9°LU – 23°LU dan 102°BT – 110°BT. Negara ini ber-batasan langsung dengan Laos dan Kampuchea di sebelah Barat, Cina di sebelah Utara, serta Teluk Tonkin dan Laut Cina Selatan di sebelah Timur dan Selatan. Wilayah daratan Vietnam bergunung-gunung, akan tetapi memiliki tiga wilayah dataran rendah yang luas. Delta Sungai Song Hong terletak di bagian Utara dengan pegunungan yang berdinding curam di kanan-kirinya. Kondisi ini dijadikan sebagai batas alam dengan wilayah Laos dan Cina bagian Selatan. Puncak tertinggi di bagian Utara adalah Gunung Fan Si Pan (3.142 m), sedangkan di bagian Selatan terdapat Delta Sungai Mekong. Sungai Mekong merupakan sungai terpanjang di Asia Tenggara (4.106 km). Di pantai Timur Vietnam, aliran Sungai Mekong membentuk beberapa percabangan yang masing-masing menghasilkan delta yang luas.

a. Potensi Alam

Negara Vietnam yang berbatasan dengan Laut Cina Selatan di sebelah Timur dengan bentuk wilayah memanjang dari Utara ke Selatan menjadikan negara ini memiliki garis pantai yang cukup panjang. Bentang alamnya bervariatif dari dataran pantai hingga pegunungan. Banyaknya gunung api dan lembah sungai menyebabkan kondisi tanahnya sangat subur sehigga sangat menunjang kegiatan di sektor agraris. Di bidang pertanian Vietnam mampu menjadi lumbung beras di Asia Tenggara. Sementara itu hasil perkebunan meliputi tembakau, teh, kopi, dan karet. Sedangkan hasil pertambangan berupa minyak bumi, batubara, dan bijih besi.

b . Potensi Sosial Budaya

Penduduk Vietnam didominasi oleh suku bangsa Vietnam (+90%) sehingga masyarakatnya relatif homogen. Vietnam mempunyai sejarah perjuangan yang panjang dengan karakter masyarakat yang ulet dan pekerja keras serta penganut agama (terutama Buddha) yang taat. Bahasa nasional yang digunakan adalah bahasa Vietnam.

c . Potensi Industri

Hasil alam yang melimpah (berupa hasil pertanian dan bahan tambang) merupakan sumber bahan baku proses industri. Sementara itu jumlah penduduk yang besar merupakan sumber tenaga kerja sekaligus calon konsumen dari produk yang dihasilkan. Upah buruh yang relatif murah dan kondisi masyarakat yang dinamis merupakan faktor-faktor yang menarik bagi investor asing untuk menanam modal di Vietnam. Saat ini industri yang berkembang di Vietnam adalah industri pengolahan bahan makanan, penggilingan padi, dan tekstil. Pusat industri utama adalah kota Ho Chi Minh.

d . Potensi Pariwisata

Alam di Vietnam sebenarnya menyediakan berbagai bentuk panorama yang indah, namun keberadaannya belum dapat dikelola secara optimal. Salah satu potensi budaya yang dikembangkan adalah wisata alam dan budaya yang memanfaatkan aliran Sungai Mekong. Wisata air ini sangat diminati wisatawan, terutama wisatawan mancanegara.

e . Potensi Perdagangan

Komoditas ekspor utama Vietnam masih didominasi oleh pertanian, perkebunan, dan hasil tambang yang meliputi beras, karet, kopra, aneka kayu, minyak bumi, dan bijih besi. Sedangkan impor utama adalah bahan bakar, besi, baja, pupuk, obat-obatan, dan bahan kimia.

Nama                  : Alif Fadil
Kelas                   : IX-A
Mata Pelajaran : IPS
Sekolah              : SMPN 2 KOTABARU

About RAYANET

Follow me, Like, Subscribe and Share.

Check Also

Senjata Tradisional Indonesia bertuliskan kalimat Tauhid

Nama dan Gambar Senjata Tradisional dari 33 Provinsi di Indonesia, Lengkap!

Indonesia terdiri dari beragam suku bangsa, bermacam adat dan kebudayaan. Sebagai generasi penerus bangsa, kita …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *