Rabu , Februari 21 2018
Home / Tugas Sekolah / Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) / Pengertian dan Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia: Penembakan Misterius (Petrus) 1982-1985
Penembakan Misterius (PETRUS)
Penembakan Misterius (PETRUS)

Pengertian dan Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia: Penembakan Misterius (Petrus) 1982-1985

Pengertian

Hak Asasi Manusia adalah prinsip-prinsip moral atau norma-norma, yang menggambarkan standar tertentu dari perilaku manusia, dan dilindungi secara teratur sebagai hak-hak hukum dalam hukum kota dan internasional.

Mereka umumnya dipahami sebagai hal yang mutlak sebagai hak-hak dasar “yang seseorang secara inheren berhak karena dia adalah manusia, ” dan yang” melekat pada semua manusia ” terlepas dari bangsa, lokasi, bahasa, agama, asal-usul etnis atau status lainnya. Ini berlaku di mana-mana dan pada setiap kali dalam arti yang universal, dan ini egaliter dalam arti yang sama bagi setiap orang.

HAM membutuhkan empati dan aturan hukum dan memaksakan kewajiban pada orang untuk menghormati hak asasi manusia dari orang lain. Mereka tidak harus diambil kecuali sebagai hasil dari proses hukum berdasarkan keadaan tertentu; misalnya, hak asasi manusia mungkin termasuk kebebasan dari penjara melanggar hukum, penyiksaan, dan eksekusi.

Contoh Kasus: Penembakan Misterius (Petrus) Pada Tahun 1982-1985

Penembakan misterius atau dapat disebut juga dengan Petrus alias operasi clurit merupakan sebuah operasi rahasia yang digelar oleh mantan Presiden Soeharto dengan dalih untuk mengatasi tingkat kejahatan yang tinggi pada saat itu.

Operasi tersebut meliputi operasi penangkapan dan juga pembunuhan terhadap orang yang dianggap mengganggu ketentraman dan keamanan masyarakat, khususnya di daerah Jakarta dan juga Jawa Tengah. Pelakunya tidak jelas, tidak pernah tertangkap, dan tidak pernah diadili.

Korban ‘Tembakan Misterius’ tersebut selalu ditemukan dalam keadaan tangan dan lehernya terikat. Sebagian besar dari korbannya juga dimasukkan ke karung dan ditinggal di pinggir jalan, depan rumah, buang ke sungai, kebun, laut, dan hutan.

Nama                           : Mesak Pratama
Kelas                           : VII-B
Mata Pelajaran          : PKN

About RAYANET

Follow me, Like, Subscribe and Share.

Check Also

Syifa Hadju

Biodata Artis Idola: Syifa Hadju

Syifa Hadju adalah aktris dan model berkebangsaan Indonesia. Pada tahun 2014, ia mengawali kariernya sebagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *