Home / Tugas Sekolah / Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) / Pengertian dan Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia: Pemberontakan PKI Tahun 1965
Monumen Kesaktian Pancasila
Monumen Kesaktian Pancasila

Pengertian dan Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia: Pemberontakan PKI Tahun 1965

Pengertian

Hak Asasi Manusia adalah prinsip-prinsip moral atau norma-norma, yang menggambarkan standar tertentu dari perilaku manusia, dan dilindungi secara teratur sebagai hak-hak hukum dalam hukum kota dan internasional.

Mereka umumnya dipahami sebagai hal yang mutlak sebagai hak-hak dasar “yang seseorang secara inheren berhak karena dia adalah manusia, ” dan yang” melekat pada semua manusia ” terlepas dari bangsa, lokasi, bahasa, agama, asal-usul etnis atau status lainnya. Ini berlaku di mana-mana dan pada setiap kali dalam arti yang universal, dan ini egaliter dalam arti yang sama bagi setiap orang.

HAM membutuhkan empati dan aturan hukum dan memaksakan kewajiban pada orang untuk menghormati hak asasi manusia dari orang lain. Mereka tidak harus diambil kecuali sebagai hasil dari proses hukum berdasarkan keadaan tertentu; misalnya, hak asasi manusia mungkin termasuk kebebasan dari penjara melanggar hukum, penyiksaan, dan eksekusi.

Contoh Kasus: Pemberontakan PKI Tahun 1965

Sejumlah jenderal telah dibunuh dalam peristiwa 30 September tahun 1965. Pemerintahan pada masa orde baru menuding Partai Komunis Indonesia (PKI) sebagai penyebab masalahnya. Lalu pemerintahan pada saat itu membubarkan organisasi Partai Komunis Indonesia tersebut serta melakukan berbagai razia terhadap simpatisan partai tersebut.

Sampai saat ini, kasus tragedi 1965-1966 masih ditangani oleh Kejaksaan Agung. Akan tetapi penanganannya lamban dan pada tahun 2013 lalu, Kejaksaan mengembalikan berkas-berkas tersebut kepada Komnas HAM, dengan alasan data yang di dapat kurang lengkap.

Nama                          : Glen Yobel
Kelas                           : VII-B
Mata Pelajaran          : PKN
Sekolah                       : SMPN 2 Kotabaru

About RAYANET

Follow me, Like, Subscribe and Share.

Check Also

Syifa Hadju

Biodata Artis Idola: Syifa Hadju

Syifa Hadju adalah aktris dan model berkebangsaan Indonesia. Pada tahun 2014, ia mengawali kariernya sebagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.