Jumat , Agustus 17 2018
Home / Tugas Sekolah / Lain-lain / Macam-macam dan Cara Membuat Simpul Dalam Pramuka
Pramuka Membuat Tandu
Pramuka Membuat Tandu

Macam-macam dan Cara Membuat Simpul Dalam Pramuka

Disini kalian bisa belajar mengenai Macam-macam dan Cara Membuat Simpul Dalam Pramuka agar dapat mempraktekkannya sendiri.

Nama Kelompok :

  1. Afifa Riska
  2. Muhammad Agung Hidayat
  3. Ayu Fitri Handayani
  4. Gimin Suherman
  5. Rina Rahmawati
  6. Mega Nurul

Kelas                        : X ATP 1
Mata Pelajaran       : Pramuka

MACAM-MACAM DAN CARA MEMBUAT SIMPUL DALAM PRAMUKA

 

1. Simpul Alpine Butterfly Loop

Simpul Alpine Butterfly Loop
Simpul Alpine Butterfly Loop

Simpul ini merupakan salah satu jenis simpul yang paling kuat dan aman untuk mengikat suatu benda. Simpul ini juga merupakan simpul yang paling fleksibel diantara yang lainnya.

Ini dikarenakan dengan simpul ini dapat digunakan untuk mengikat di tengah tali yang lain jika tali yang kita punya tidak mempunyai tambatan akhir. Digunakan juga untuk memperbaiki dan menguatkan kembali tali yang rusak dengan cara mengisolasi area tersebut menggunakan simpul alpine ini.

2. Simpul Back Splice

Simpul Back Splice
Simpul Back Splice

Simpul ini biasanya digunakan untuk merapikan ujung dari dua atau lebih tali yang disatukan. Ini dilakukan pada ujung tali bekas terpotong agar tali tidak terurai. agar tali yang tersusun kuat tersebut tidak kendor.

Bisa juga untuk mengikat benda dengan ujung tali agar ikatannya kuat atau menghubungkan ujung tali satu dengan yang lain agar tercipta sambungan yang rapi.

3. Simpul Barrel Hitch

Simpul Barrel Hitch
Simpul Barrel Hitch

Simpul ini adalah salah satu simpul yang biasanya dimanfaatkan pada kehidupan sehari-hari misalnya untuk keperluan mengikat sebuah timba, gentong, atau sejenis yang tidak memiliki tempat untuk mengikat.

4. Simpul Bowline (Simpul Tiang)

Simpul Bowline (Simpul Tiang)
Simpul Bowline (Simpul Tiang)

Simpul Bowline atau simpul tiang adalah salah satu simpul yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Kegunaannya adalah untuk mengikat tali pada tiang atau mengikat benda dengan sangat erat, tetapi dengan kondisi masih mudah untuk kita buka.

Ya, simpul ini hanya terikat pada beban benda yang sedang diikat. Jika bebannya semakin berat, maka simpul akan menjadi semakin erat. Tetapi jika bebannya ringan, simpul pengikat benda ini akan mudah terbuka dengan sendirinya.

5. Simpul Cleat Hitch

Simpul Cleat Hitch
Simpul Cleat Hitch

Simpul ini biasanya kita gunakan dalam aktivitas upacara bendera, yaitu untuk menambatkan antara tali bendera ke tiang bendera. Sangat sederhana dan rapi untuk menggunakannya.

6. Simpul Clove Hitch (Simpul Pangkal)

Simpul Clove Hitch (Simpul Pangkal)
Simpul Clove Hitch (Simpul Pangkal)

Simpul Clove Hitch atau biasa kita kenal dengan nama simpul pangkal. Simpul ini merupakan simpul yang sangat mudah untuk dipraktekkan untuk mengikat sesuatu. Biasanya digunakan dalam pembuatan tenda, jangkar, kreasi pioneering, dan simpul belay-up.

7. Simpul Coiling Unattached Rope

 

Simpul Coiling Unattached Rope
Simpul Coiling Unattached Rope

Selanjutnya adalah simpul Coiling Unattached. Simpul ini biasanya digunakan untuk merapikan dan mengulung tali yang tidak dipakai agar tidak berantakan tanpa harus menggunakan alat bantu. Dengan begitu tali yang tergulung tetap rapi dan tidak mudah terurai saat berada di penyimpanan.

8. Simpul Constrictor

Simpul Constrictor
Simpul Constrictor

Simpul Constrictor digunakan ketika mengikat leher kantong, kantong dan bisa juga sebagai sebagai penjepit selang untuk sementara waktu. Simpulnya yang mudah untuk dipraktekan serta kuat bisa membuat pekerjaan kamu menjadi cepat dan ringan.

9. Ikatan Diagonal (Cross) Lashing (Ikatan Silang)

Ikatan Diagonal (Cross) Lashing (Ikatan Silang)
Ikatan Diagonal (Cross) Lashing (Ikatan Silang)

Di Indonesia ikatan ini dikenal dengan nama ikatan silang. Biasanya ikatan ini digukanan saat kita mau menggabungkan dua tongkat atau kayu dengan posisi bersilangan.

10. Simpul Double Overhand Stopper

Simpul Double Overhand Stopper
Simpul Double Overhand Stopper

Biasanya simpul ini digunakan sebagai simpul pengunci karena setelah simpul ini terkekang erat maka akan sulit untuk dibuka. Tetapi kadang untuk menjaga keamanan yang diperlukan, simpul ini digabungkan dengan simpul lainnya.

About RAYANET

Follow me, Like, Subscribe and Share.

Check Also

4 Sehat 5 Sempurna

Contoh 5 Sumber Makanan Tinggi Protein Hewani & Nabati

LIMA SUMBER MAKANAN TINGGI PROTEIN HEWANI 1. Telor Telor disebut sebagai sumber protein yang memiliki …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.