Home / Tugas Sekolah / Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) / Biografi Singkat Pahlawan Nasional Indonesia: Cut Meutia
Cut Meutia
Cut Meutia

Biografi Singkat Pahlawan Nasional Indonesia: Cut Meutia

Cut Nyak Meutia dilahirkan di Keureutoe, Pirak, Aceh Utara, tahun 1870, beliau adalah salah satu Pahlawan Nasional Indonesia yang berasal dari Aceh selain Cut Nyak Dhien.

Cut Meutia mulai melawan Belanda pada saat menjadi istri dari Teuku Chik Muhammad atau yang lebih dikenal dengan nama Teuku Chik Di Tunong. Namun pada bulan Maret 1905, Chik Tunong berhasil ditangkap Belanda dan dihukum mati di tepi pantai Lhokseumawe. Sebelum meninggal, Teuku Chik Di Tunong berpesan kepada sahabatnya Pang Nanggroe agar mau menikahi istrinya dan merawat anaknya Teuku Raja Sabi.

Sesuai wasiat suaminya maka Cut Meutia kemudian menikah dengan Pang Nanggroe dan bergabung dengan pasukan lainnya dibawah pimpinan Teuku Muda Gantoe. Pada suatu pertempuran dengan Korps Marechausée di Paya Cicem, Cut Meutia dan para wanita melarikan diri ke dalam hutan. Pang Nagroe sendiri terus melakukan perlawanan hingga akhirnya tewas pada tanggal 26 September 1910.

Perjuangan melawan penjajahpun Cut Meutia lakukan bersama sisa-sisa pasukannya. Ia menyerang dan merampas pos-pos kolonial sambil bergerak menuju Gayo melewati hutan belantara. Namun pada tanggal 24 Oktober 1910, Cut Meutia bersama pasukkannya bentrok dengan Marechausée di Alue Kurieng. Dalam pertempuran itu Cut Meutia gugur.

Nama Kelompok :
1. Faisal Hamdani
2. Yosep Sopian
3. Sri Wangsih
4. Salwa Aurora
5. Sri Wulandari
Kelas                           : V-C
Mata Pelajaran          : IPS

About RAYANET

Follow me, Like, Subscribe and Share.

Check Also

Senjata Tradisional Indonesia bertuliskan kalimat Tauhid

Nama dan Gambar Senjata Tradisional dari 33 Provinsi di Indonesia, Lengkap!

Indonesia terdiri dari beragam suku bangsa, bermacam adat dan kebudayaan. Sebagai generasi penerus bangsa, kita …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *