Minggu , Oktober 21 2018
Home / Blog / Apa Itu Error “502 Bad Gateway”?
502 Bad Gateway
502 Bad Gateway

Apa Itu Error “502 Bad Gateway”?

Pernahkah Anda mengalami pengalaman yang kurang menyenangkan ketika membuka sebuah website yang dikunjungi namun menampilkan pesan error 502 Bad Gateway?

Jangan khawatir, kesalahan seperti ini bukanlah terletak pada komputer atau jaringan koneksi internet Anda. Kesalahan ini terletak pada sisi server situs yang Anda kunjungi. 502 Bad Gateway adalah indikasi sebuah situs sedang mengalami sistem error yang umumnya terjadi karena terlalu banyak atau besar request yang masuk.

Request yang dimaksud disini adalah permintaan akses menuju situs tersebut pada waktu yang bersamaan dari pengunjungnya di seluruh dunia, sehingga server tidak kuat menangani banyaknya request tersebut atau mengalami overload.

Untuk memudahkan Anda memahami hal ini, coba bayangkan berada di sebuah pintu tol. Ribuan kendaraan pada waktu yang bersamaan meminta akses masuk ke dalam tol, namun karena keterbatasan petugas karcis sehingga membuat kendaraan mengalami antrian yang panjang. Akhirnya stuck. Kira-kira seperti itu 😀

Pesan indikasi sistem error pada server sering muncul dalam berbagai bentuk yang berbeda-beda, antara lain:

    • 502 Bad Gateway
    • 502 Service Temporarily Overloaded
    • Error 502
    • Temporary Error (502)
  • 502 Proxy Error
  • 502 Server Error: The server encountered a temporary error and could not complete your request.
  • HTTP 502
  • Bad Gateway: The proxy server received an invalid response from an upstream server.
  • HTTP Error 502 – Bad Gateway

Selain masalah ketidakmampuan server untuk menangani request, “502 Bad Gateway” juga dapat terjadi bila terdapat kesalahan pengaturan pada file konfigurasi .htaccess yang disediakan oleh web server Apache.

Sebenarnya permasalahan “502 Bad Gateway” bukanlah sebuah masalah besar bagi para pengguna. Sebab, permasalahan ini tidak terjadi pada komputer, browser ataupun jaringan koneksi internet yang Anda gunakan. Namun jika gangguan ini telah terjadi cukup lama, sebaiknya Anda hubungi pemilik atau admin situs tersebut agar segera dilakukan pengecekan dan perbaikan agar situs tersebut dapat diakses kembali.

About RAYANET

Follow me, Like, Subscribe and Share.

Check Also

Contoh Surat Perjanjian Kerja Operator Warnet

Anda mencari contoh surat perjanjian kerja operator warnet? Silahkan simak dan download format Document Word …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.