Rabu , Februari 21 2018
Home / Tugas Sekolah / Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) / Makalah Kasus Pelanggaran HAM
Demonstrasi Menuntut Pembebasan Mesir
Demonstrasi Menuntut Pembebasan Mesir

Makalah Kasus Pelanggaran HAM

MAKALAH

KASUS PELANGGARAN HAM

BAB 1

KATA PENGANTAR

 

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ilmiah tentang limbah dan manfaatnya untuk masyarakat.

Makalah ilmiah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.

Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ilmiah ini.

Akhir kata kami berharap semoga makalah ilmiah tentang limbah dan manfaatnya untuk masyarakan ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.

Cikampek, November 3 2015

Penyusun

RIO GUNAWAN

BAB   2

Contoh kasus pelanggaran HAM: Bentrok Oposisi vs Pemerintah Mesir.

Bentrok ini merupakan kasus pelanggaran HAM yang banyak dikecam oleh penduduk dunia dimana telah terjadi bentrok antara pihak pemerintah Mesir Rezim Hosni Mubarak dan pihak oposisi selama 4 dekade. Berminggu-minggu, sudah ratusan ribu korban yang telah berjatuhan di Mesir yang telah turun ke jalan untuk menyerukan agar Hosni Mubarak dicopot dari jabatannya sebagai presiden Mesir. Hal tersebut disebabkan karena adanya sebuah krisis politik dan ekonomi yang telah dialami oleh Mesir. Sebagian warga telah menganggap bahwa presiden Hosni Mubarak adalah orang yang otoriter dan glamor, namun berbeda halnya dengan sebagian warganya yang mengganggap bahwa Presidennya selalu memperhatikan rakyat kecil. Akhirnya bentrok antara kedua kubu tersebut tidak bisa terhindarkan, dimana selama berminggu-minggu ratusan warga telah menjadi korban, sebagian besar dari mereka telah meninggal dunia. Kemudian pemerintah terkepung oleh warganya, akhirnya Hosni Mubarak terbunuh oleh warganya sendiri pada saat bersembunyi diselokan. Peristiwa ini termasuk sebagai contoh kasus pelanggaran HAM karena presiden Hosni Mubarak telah membantai warganya sendiri menggunakan alat militer.

Contoh Kasus Pelanggaran HAM: Benito Mussolini di Italia

Mussolini termasuk pemimpin yang memiliki gaya otoriter pada tahun 1924 di Italia. Mussolini membawa pahaman fasisme di Italia. Mussolini kemudian memerintah pada periode 1924 sampai 1943. Dengan lama 19 tahun, pada masa pemerintahannya, dia telah dikenal sebagai seorang pemimpin yang bergaya otoriter, dan tak segan-segan untuk membunuh orang yang tak memiliki pahaman yang sama dengannya. Ini berlaku kepada siapapun, dia termasuk orang yang tidak pandang bulu. Adapun yang menjadi salah satu orang yang mencetuskan perang dunia II yaitu termasuk Italia, kemudian berkoalisi dengan Adolf Hitler yang berasal dari Jerman untuk melakukan perlawanan pada sekutu di perang dunia II.

Contoh kasus pelanggaran HAM: Genosisda Hitler

Adolf Hitler adalah seorang pemimpin yang paling terkejam yang pernah ada dalam sejarah perjalanan manusia. Adolf Hitler dianggap sebagai pelanggar HAM paling berat karena telah banyak melakukan pelanggaran terhadap kemanusiaan, seperti menangkap semua tokoh potilik yang ingin menentangnya dan melakukan sebuah proses pembasmian massal kepada orang-orang Yahudi. Dia adalah orang yang anti Yahudi, dan menjadi seorang pencetus utama perang dunia II.

Contoh kasus pelanggaran HAM: Sengketa Palestina dan Israel.

Pada kasus sengketa antara Palestina dan Israel tergolong sebagai salah satu sengketa global yang begitu berkepanjangan. Dibalik sengketa tersebut, Israel berupaya untuk memperluas wilayahnya dengan sedikit demi sedikit menguasai palestina, akhirnya saat ini Israel memiliki wilayah yang lebih luas dibanding Palestina, padahal sebelumnya wilayah Israel lebih kecil dibanding Palestina. Salah satu cara Israel dalam memperluas wilayahnya ke Palestina yaitu dengan jalan berperang, beberapa kali Israel melancarkan serangan kepada Palestina hingga akhirnya mengakibatkan banyak korban yang berjatuhan di Palestina. Bahka sudah ada ratusan ribu yang telah meregang nyawa akibat serangan dari udara dan darat Israel. Akibat tindakan pelanggaran HAM yang dilakukan oleh Israel ini akhirnya masyarakat dunia mengecam tindakan kejahatan terhadap kemanusiaan tersebut.

Contoh Kasus Pelanggaran HAM: Perang Sipil di Bosnia

Perang Sipil yang sempat terjadi antara Serbia dan Bosnia antara tahun 1992 sampai 1995 sesudah terpecahnya negara Yugoslavia. Pada peperangan ini, begitu banyak pembunuhan massal kepada warga muslim bosnia yang berjumlah 800 warga yang telah bermukim di kota Srebenica. Kota Srebenica itu sendiri memang paling didominasi oleh mayoritas warga muslim Bosnia. Hal tersebut sempat memunculkan kekacauan di mata Dunia dan akhirnya banyak negara yang telah mengutuk tindakan tersebut.

 

BAB 3

PENUTUP

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai materi yang menjadi bahasan dalam makalah ini, tentunya banyak kekurangan dan kelemahan kerena terbatasnya pengetahuan kurangnya rujukan atau referensi yang kami peroleh hubungannya dengan makalah ini Penulis banyak berharap kepada para pembaca yang budiman memberikan kritik saran yang membangun kepada kami demi sempurnanya makalah ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis para pembaca khusus pada penulis. Aamiin

Nama                 : Rio Gunawan
Kelas                  : X RPL 1
Mata Pelajaran : PKN
Sekolah               : SMPN 2 Kotabaru

About RAYANET

Follow me, Like, Subscribe and Share.

Check Also

Syifa Hadju

Biodata Artis Idola: Syifa Hadju

Syifa Hadju adalah aktris dan model berkebangsaan Indonesia. Pada tahun 2014, ia mengawali kariernya sebagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *