Home / Tugas Sekolah / Lain-lain / Contoh 5 Sumber Makanan Tinggi Protein Hewani & Nabati
4 Sehat 5 Sempurna
4 Sehat 5 Sempurna

Contoh 5 Sumber Makanan Tinggi Protein Hewani & Nabati

LIMA SUMBER MAKANAN TINGGI PROTEIN HEWANI

1. Telor

Telor disebut sebagai sumber protein yang memiliki kandungan nutrisi paling lengkap dibandingkan makanan sumber protein lainnya. Sumber protein terbanyak pada telor terdapat pada putihnya. Mengkonsumsi telor dan roti gandum di pagi hari akan menghasilkan rasa kenyang lebih lama dengan asupan kalori lebih sedikit. Dengan pengertian lain, telor juga baik dikonsumsi untuk anda yang tengah dalam program penurunan berat badan.

2. Daging

Daging yang masuk dalam daftar sumber protein hewani diantaranya ialah daging ayam. Kandungan protein paling banyak terdapat pada dada ayam, rendah lemak dan kolesterol. Selain itu tenderloin juga baik untuk memenuhi kebutuhan protein harian anda. Selain itu, daging sapi juga merupakan sumber protein hewani. Bagian pada daging sapi terbanyak mengandung protein ialah sirloin, dimana pada bagian ini mengandung sedikit lemak. Sirloin atau bagian paha sapi memiliki tekstur yang keras dan ukuran lebih besar.

3. Ikan

Semua jenis ikan yang layak konsumsi sangat baik untuk dijadikan sumber makananutama yang kaya akan protein. Ikan tuna dan salmon misalnya, menjadi santapan populer yang banyak dikonsumsi sehari-hari. Selain protein, ikan tuna juga mengandung banyak lemak tak jenuh yang mudah diserap oleh tubuh.

Udang juga termasuk jenis ikan yang kaya kalsium, dan nilai protein pada udang termasuk complete protein karena kadar asam amino yang tinggi, sehingga mudah dicerna oleh tubuh. 100 gr udang mentah mengandung 20,3gr protein atau cukup untuk memenuhi kebutuhan protein harian sebanyak 41 %.

Selain protein, daging ayam dan sapi juga merupakan makanan sumber penghasil kolagen yang dibutuhkan untuk meningkatkan kekuatan tulang, jaringan kulit dan rambut. Manfaatnya untuk mempertahankan kepadatan tulang, mencegah kerut pada wajah dan penuaan dini.

4. Susu

Susu dikenal sebagai minuman pelengkap konsep lima sempurna. Susu yang berasal dari hewan dapat menjadi salah satu sumber protein yang paling baik dan kaya protein berkualitas. Protein dalam susu mengandung semua jenis asam amino esensial yang diperlukan tubuh, yang menjadikannya sebagai sumber protein berkualitas tinggi.

Produk turunan dari susu ialah yoghurt, hasil fermentasi susu murni menjadi minuman dengan citarasa asam. Yoghurt tinggi kalsium, sehingga sangat baik untuk pertumbuhan tulang. Sama seperti ikan, yoghurt juga penghasil kolagen untuk mempertahankan keremajaan kulit dan kekuatan tulang.

5. Teri

Ikan kering yang satu ini, meski sering dipandang sebelah mata, namun faktanya makana rakyat ini mengandung banyak protein dan kalsiun yang baik untuk pertumbuhan tulang dan otot. Kandungan protein pada teri mencapai 10 persen. Sumber kalsium pada teri didapat dari rasa asin yang melekat pada ikan.

LIMA SUMBER MAKANAN TINGGI PROTEIN NABATI

1. Lentil.

Lentil adalah makanan sumber protein favorit para vegetarian. 1 cangkir Lentil mengandung 9 gram protein ditambah dengan hampir 15 gram serat. Jika anda sedang mencari camilan sehat, lentil bisa menjadi pilihan yang sangat cocok.

2. Tahu.

Makanan ini memang sangat digemari di Indonesia karena harganya yang cukup terjangkau dan nilai gizinya cukup tinggi. Tahu mengandung tinggi protein karena terbuat dari kedelai, dimana kedelai juga sumber protein nabati. Untuk menemukan makanan ini juga sangat mudah jadi anda tidak perlu khawatir kekurangan protein nabati.

3. Jamur.

Jamur semakin populer seiring dengan manfaatnya yang sangat banyak bagi kesehatan. Bahkan, selama berabad-abad yang lalu jamur sering digunakan sebagai tanaman obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Di zaman moderen ini, penggunaan jamur sebagai obat mungkin sudah jarang ditemui, tetapi makanan yang satu ini tetap digunakan oleh masyarakat luas tetapi sebagai bahan makanan. Jamur diketahui mengandung tinggi protein nabati yang bisa dijadikan alternatif pengganti daging merah. Kandungan lemaknya yang sangat rendah juga menjadi daya tarik tersendiri.

4. Brokoli.

Brokoli adalah salah satu sayuran yang padat akan nilai gizi termasuk protein nabati. Brokoli selalu menjadi pilihan bagi vegetarian karena selain menyediakan protein, makanan ini juga sangat tinggi serat, vitamin, dan antioksidan penting. Antioksidan dalam brokoli disebut-sebut dapat mencegah penyakit kanker yang disebabkan oleh radikal bebas. Jadi, tunggu apa lagi, masukkan brokoli ke dalam daftar menu sehat harian anda.

5. Kacang polong.

Manfaat kacang polong memang sangat banyak, terutama karena kandungan protein nabati di dalamnya. 1 Cangkir kacang polong mengandung setidaknya 8 gram protein nabati, sehingga sangat baik digunakan sebagai makanan pengganti protein hewani. Selain itu, kacang polong juga kaya leusin, asam amino penting untuk metabolisme dan penurunan berat badan yang sulit ditemukan di sebagian besar makanan nabati.

About RAYANET

Follow me, Like, Subscribe and Share.

Check Also

Pramuka Indonesia

Sejarah Pramuka Indonesia

Scouting yang di kenal di Indonesia dikenal dengan istilah Kepramukaan, dikembangkan oleh Lord Baden Powell …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *