Home / Tugas Sekolah / Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) / Contoh Kasus Pelanggaran Ham Di Indonesia: “Dukun Santet di Banyuwangi”
Komnas HAM
Komnas HAM

Contoh Kasus Pelanggaran Ham Di Indonesia: “Dukun Santet di Banyuwangi”

CONTOH KASUS PELANGGARAN HAM DI INDONESIA

“KASUS DUKUN SANTET DI BANYUWANGI”

Pembantaian Banyuwangi 1998 adalah peristiwa pembantaian terhadap orang yang diduga melakukan praktik ilmu hitam (santet atau tenung) yang terjadi di Banyuwangi, Jawa Timur pada kurun waktu Februari hingga September 1998. Namun hingga saat ini motif pasti dari peristiwa ini masih belum jelas.

Pembunuhan pertama terjadi pada Februari 1998 dan memuncak hingga Agustus dan September 1998. Pada kejadian pertama di bulan Februari tersebut, banyak yang menganggapnya sebagai sesuatu yang biasa, dalam artian kejadian tersebut tidak akan menimbulkan sebuah peristiwa yang merentet panjang. Pembunuh dalam peristiwa ini adalah warga-warga sipil dan oknum asing yang disebut ninja. Dalam kejadian ini, setelah dilakukan pendataan korban. Ternyata banyak di antara para korban bukan merupakan dukun santet. Di antarapara korban terdapat guru mengaji, dukun suwuk (penyembuh) dan tokoh-tokoh masyarakat seperti ketua RT atau RW.

Pada masa pembantaian muncul sosok yang disebut ninja. Ninja tersebut memakai pakaian serba hitam dan kedapatan memakai handy-talky dalam beroperasi. Ada dua versi mengenai ninja ini. Ada yang menyebutkan bahwa ninja tersebut adalah orang yang hanya berkostum hitam dan membawa senjata, sedangkan yang lain menceritakan bahwa sosok ninja yang mereka lihat adalah seperti ninja di Jepang dan mampu bergerak ringan melompat dari sisi ke sisi yang tidak akan bisa dilakukan oleh manusia biasa. Mereka sangat terlatih dan sistematis. Saat itu, yang terjadi adalah listrik tiba-tiba mati dan sesaat kemudian terdapat seseorang yang sudah meninggal karena dibunuh. Keadaan mayat pada saat itu ada yang sudah terpotong-potong, patah tulang ataupun kepala yang pecah.

:

Nama                 : Chairunnisa Ratna Pitaloka
Kelas                  : X AB TPH 3
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)

About RAYANET

Follow me, Like, Subscribe and Share.

Check Also

Syifa Hadju

Biodata Artis Idola: Syifa Hadju

Syifa Hadju adalah aktris dan model berkebangsaan Indonesia. Pada tahun 2014, ia mengawali kariernya sebagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *