Minggu , Agustus 19 2018
Home / Tugas Sekolah / Seni Budaya Keterampilan (SBK) / Aliran Seni Lukis Romantisme
Seni Lukis Romantisme
Seni Lukis Romantisme

Aliran Seni Lukis Romantisme

Sejarah

Romantisisme atau Romantisme adalah gerakan seni rupa yang muncul pada akhir abad ke-18. Dalam Romantisme unsur emosi lebih diutamakan dari pada pikiran, tetapi seniman Romantis tidak hanya bekerja dalam satu gaya saja. Tidak seperti Neo-Klasikisme, yang dapat disebut sebagai gaya, Romantisisme lebih merupakan falsafah atau pandangan. Aliran ini mendorong orang untuk menghayati perasaan melalui penghayatan indera serta lebih mempercayai intuisi dari pada pikiran. Romantisisme muncul dalam beberapa gaya, tetapi seni lukis di Perancis khususnya menunjukkan ciri khas Neo-Baroq, yang merupakan pengaruh Rubens.

Pendirian akademi pada masa Neoklasikisme bertujuan untuk meneruskan dan mempertahankan tradisi klasik dan sekaligus sebagai pusat kegiatan seni istana. Gaya seni akademi ini selanjutnya diteruskan oleh seni Romantisisme, sehingga sangat wajar jika kedua gaya seni ini (Neoklasisisme dan Romantisisme) dinamakan seni akademisme. Hal ini menjadi ciri perkembangan seni Perancis di abad ke-18 dan ke-19.

Romantisisme berasal dari kata Perancis, roman (cerita), dan memang dalam gaya Romantisisme juga mencerminkan adanya pengaruh sastra roman Perancis. Terutama dalam melukiskan cerita-cerita tragedi yang dasyat, kejadian dramatis yang mencekam.

Romantisisme merupakan gerakan yang meneruskan Neoklasikisme tetapi sekaligus mereaksi dan menentang klasikisme. Pelopor gerakan Romantisisme adalah Theodore Gericault (1791-1824) dengan salah satu karyanya yang terkenal Rakit Medusa (1818). Sebagai kelanjutan, Romantisisme tetap merupakan gerakan seni yang lari dari kenyataan hidup, menggarap dunia yang ideal dan misterius dengan menggunakan teknik-teknik akademisme yang rasional.

About RAYANET

Follow me, Like, Subscribe and Share.

Check Also

Kain Tenun Nusantara

20 Contoh Kain Tenun Nusantara (Gambar dan Penjelasannya)

KAIN TENUN NUSANTARA 1.Tenun Ulos Kain ini adalah satu busana khas Indonesia, secara turun temurun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.