Home / Teknisi Warnet / Operating System / Keajaiban Disk Clean Up & Disk Defragmenter
Disk Clean Up & Disk Defragmenter
Disk Clean Up & Disk Defragmenter

Keajaiban Disk Clean Up & Disk Defragmenter

Barangkali tips berikut ini sudah basi banget bagi sebagian kamu. Tapi belum tentu sebagian dari rekan-rekan kita yang lain sudah mengetahui hal tersebut lho. Nah, makanya sekarang perkenankan saya untuk memperkenalkan satu keajaiban dari fitur yang telah tersedia di komputer masing-masing, tapi barangkali selama ini terabaikan begitu saja.

Terbatasnya kapasitas harddisk tentu menjadi masalah. Kini hal tersebut bisa diakali dengan menghapus file yang tak berguna. Tapi, mencari satu persatu file tentu akan memakan waktu. Nah, untuk mempermudah, gunakanlah fitur Disk Clean Up (DCU).

Fitur ini dibuat sedemikian rupa sehingga mampu mencari dan menghapus file-file tertentu yang sudah tidak atau jarang digunakan lagi, hingga bisa dihapus tanpa merusak sistem secara keseluruhan.

Cara menjalankannya (pada Windows XP, red) adalah sebagai berikut:

START -> Programs -> Accesories -> System Tools -> Disk Cleanup.

Sebelum menjalankan program Disk Clean Up, anda akan ditanya drive mana yang akan dibersihkan. Setelah itu, anda akan diminta menentukan jenis atau tipe file apa yang akan dimusnahkan dari harddisk.

Selanjutnya, klik “OK” dan “YES” untuk melakukan konfirmasi.

Satu fitur lagi yang sangat berguna untuk mempercepat akses komputer adalah menggunakan Disk Defragmenter (DD) yang terletak pada menu tepat di bawah Disk Clean Up.

Disk Defragmenter ini berfungsi mengatur tata letak file-file yang berhamburan tak beraturan sehingga lalu lintas pencarian file/folder di komputer anda akan menjadi lebih lancar.

Hemat saya bagi anda yang sering menggunakan komputer khususnya untuk mendesain, agar sering-sering menggunakan kedua fitur ini. Setidaknya, jika masih memiliki cukup waktu luang, setiap selesai mengerjakan pekerjaan anda, jalankanlah kedua fitur ini untuk menjaga performa komputer kesayangan anda.

Meski memiliki keuntungan tersendiri, namun cara ini juga memiliki efek samping terkait kesehatan harddisk kita lho. Sebab pada saat proses melakukan Disk Clean Up ataupun Disk Defragmenter, harddisk akan dipaksa bekerja lebih ekstra sehingga jika hal ini dilakukan terlalu sering maka dapat memperpendek umur harddisk itu sendiri. Meski belum diketahui secara pasti berapa persentasenya. Untuk itu saya menyarankan agar menggunakan kedua fitur ini dengan bijaksana ya, alias seperlunya saja.

Selamat mencoba! 😉

About RAYANET

Follow me, Like, Subscribe and Share.

Check Also

Libraries directory berisi folder Documents, Music, Pictures, dan Videos

Cara Memindahkan My Documents dengan Registry Editor (Regedit)

Bagi para pengguna Operating System Windows, tentu tidak asing dengan folder yang bernama My Documents. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.